AKSI NYATA TOPIK 1 PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL DALAM PENDIDIKAN

Nama Mahasiswa    : Ade Shalahudin

NPM                        : 039223353

Mata Kuliah            : Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan


MULAI DARI DIRI

1. Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Awalnya saya mengira bahwa pendidikan sosiokultural hanya memuat keterkaitan kehidupan sosial dalam masyarakat bagi peserta didik saja. Akan tetapi dalam pembelajaran ini memuat pengaruh dari faktor sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam peranan perkembangan peserta didik, serta keterkaitan keempat faktor tersebut dalam perkembangan peserta didik di ruang lingkup Pendidikan.

EKSPLORASI KONSEP

1. Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini ?

Pada bagian eksplorasi konsep memuat topik eksplorasi Pendidikan yang terjadi pada zaman penjajahan dulu, atau dikenal dengan Pendidikan zaman kolonial. Dengan mempelajari eksplorasi konsep saya dapat mengerti bahwa perjuangan dalam membangkitkan pendidikan tidaklah mudah, serta saya menjadi memiliki rasa bersyukur serta bangga dengan pendidikan saat ini. Sebab pendidikan saat ini sudah dapat terintegrasi kepada seluruh aspek masyarakat secara menyeluruh, serta perkembangan teknologi pada saat ini juga sudah mempermudah proses pendidikan yang berintegrasi pada pendidikan teknologi berkembang sebagai sarana pendidikan dan memperoleh ilmu lebih mudah dicapai.

RUANG KOLABORASI

1. Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

Pada bahasan dalam ruang kolaborasi kami disajikan video perjuangan para guru dari 5 wilayah yang berbeda, disini kami mempelajari bagaimana perjuangan seorang guru dalam memperjuangkan Pendidikan bagi peserta didiknya di desa yang jauh dari akses teknologi dan akses transportasi. Untuk memperoleh pendidikan yang layak agar tetap bisa meneruskan pendidikan dalam perkembangan zaman ini guru tersebut memanfaatkan fasilitas serta lingkungan yang ada sebagai sarana dalam mengajar.

DEMONTRASI KONTEKSTUAL

1. Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Dalam konteks demonstrasi ini yang dapat saya pelajari yaitu dalam kegiatan berdiskusi, Kerjasama kelompok menjadi penentu kita dalam memahami serta menyelesaikan suatu permasalahan dengan lebih efektif. Kerjasama serta saling toleransi dalam berpendapat mengajarkan kita bahwa kehidupan itu perlu adanya musyawarah antar sesame, karena mencerminkan perilaku social antar masyarakat. Dengan perbedaan pendapat ini mampu memberikan kita pemahaman bagaiman cara kita dalam penyelesaian perbedaan pendapat satu sama lain agar terciptanya kesepakatan Bersama yang lebih baik.

ELABORASI PEMAHAMAN

1. Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?

Dari pemahaman konsep ini saya dapat memahami tentang perbedaan perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik yang ada dalam pembelajaran tersebut dapat mempengaruhi kualitas dari peserta didik dalam hal ini keragaman budaya dapat dilihat bahwa terdapat beberapa perbedaan faktor budaya yang ada dalam suatu wilayah maupun dibeberapa aspek kehidupan. Di dalam Pendidikan itu sendiri kebudayaan, ekonomi, sosial dan politik menjadi aspek yang berperan penting dalam perkembangan Pendidikan bagi peserta didik. Selain itu dampak dari perbedaan tersebut adalah sebagai sosiokultural terhadap proses belajar, yaitu anak cenderung mengenal budaya sedikit lebih luas dan dapat mengetahui metode-metode pembelajaran baru yang dapat diterapkan dalam pembelajaran sesuai dengan kodisi peserta didiknya.

2. Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai?

Yang dapat saya pahami setelah mempelajari materi ini yaitu di dalam pengembangan peserta didik dapat diterapkan juga penaanaman Pendidikan karakter yang berorientasi pada factor social, budaya, ekonomi, dan politik sehingga Pendidikan karakter ini secara langsung dari keadaan lingkungan sekitar dan juga pengaruh orang lain, bukan hanya dari aspek pengajaran di sekolah secara materi saja.

3. Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?

Bagaimana cara guru berperan penuh dalam menerapkan pembelajaran sosiokultural kedalam kehidupan peserta didik maupun masyarakat luas.

KONEKSI ANTAR MATERI

1. Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain? 


Dalam pembelajaran sosiokultural mempunyai keterkaitan dengan konsep mata pelajaran lainnya karena pada dasarnya penerapan dari konsep pembelajaran ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dari diri peserta didik. Dengan membangun lebih dalam konsep maupun cara yang dapat digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran mampu memberikan wawasan kepada guru bagaimana cara untuk memahami serta mengajarkan peserda didik ilmu sosiokultural dalam kehidupan bermasyarakat.

AKSI NYATA

1. Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?

Manfaat yang saya peroleh dari pembelajaran ini yaitu saya lebih mengerti bahwa perbedaan yang ada dalam dunia Pendidikan secara sosial, budaya, ekonomi dan politik itu beragam. Sehingga sebagai seorang guru harus mampu beradaptasi dengan lingkungan keadaan serta mampu membangun pembelajaran yang beragam ini menjadi kesatuan yang baik, agar peserta didik mampu memperoleh Pendidikan yang layak sama dengan yang lainnya.

2. Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?

Penilaian untuk kesiapan saya masih pada saat ini masih terbiilang kurang, karena saya masih membutuhkan bimbingan serta pengarahan lebih agar mampu menjadi guru yang kompeten serta professional dalam memberikan Pendidikan kepada peserta didik. Jika di hitung berdasarkan skala skor mungkin tahapan saya ini masih di angka 7, karena pemahaman masih belum semppurna dan butuh bimbingan secara langsung di lapangan sebagai penerapan.

3. Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

Berdasarkan persepsi saya sendiri saya sebagai seorang guru ada hal yang harus saya siapkan terlebih dahulu, diantaranya yaitu kesiapan mental  saya dalam membimbing peserta didik yang beraneka ragam karakteristik tentunya perlu pengamatan lebih lanjut bagi saya agar dapat memperoleh metode pembelajaran yang sesuai dengan peserta didik. Selain itu melakukan perencanaan dan pelaksanaan program pembelajaran yang di sesuaikan dengan perbedaan setiap individu agar mampu berkembang sesuai dengan kemampuan oleh masing-masing individu itu juga membutuhkan proses pengamatan mendalam.


Semoga bermanfaat, terimakasih.

Comments

Popular posts from this blog

TOPIK 5 AKSI NYATA PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL DALAM PENDIDIKAN

TOPIK 3 AKSI NYATA PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL DALAM PENDIDIKAN