AKSI NYATA TOPIK 2 PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL DALAM PENDIDIKAN
Nama : Ade Shalahudin
NPM : 039223353
1. Mulai Dari Diri
Apa yang Anda pikirkan tentang
topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?
Sebelum memulai proses
pembelajaran topik ini, saya memikirkan pengetahuan makna Status Ekonomi Sosial
(SES), hal-hal penting apa yang mempengaruhi SES dalam pendidikan dan teori apa
yang melatarbelakangi SES dalam pendidikan.
2. Eksplorasi Konsep
Apa yang Anda pelajari dari
konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?
Stasus sosial ekonomi (SES)
adalah cara untuk mengelompokkan individu maupun sebuah keluarga berdasarkan
kemampuan ekonomi dan status sosialnya. Hal ini penting dalam pengajaran karena
setiap peserta didik memiliki latar belakang ekonomi yang berbeda-beda. Pada
dasarnya status sosial ekonomi orang tua merupakan salah satu faktor yang dapat
mempengaruhi prestasi belajar siswa. Status sosial ekonomi tersebut adalah
tingkat pekerjaan, tingkat pendidikan dan jumlah pendapatan yang diterima oleh
orang tua setiap bulannya, oleh peneliti ketiga aspek tersebut dijadikan
sebagai indikator dalam penelitian. Apabila status sosial ekonomi orang tua
siswa baik maka kesempatan siswa untuk memperoleh fasilitas belajar di rumah
yang lengkap semakin besar. Berbeda dengan status sosial ekonomi orang tua
siswa yang kurang baik, kebanyakan siswa yang status sosial ekonomi nya kurang
baik fasilitas belajarnya di rumah kurang lengkap. Kesimpulannya adalah bahwa
semakin tinggi status sosial ekonomi orang tua maka fasilitas belajar anak di
rumah akan semakin terpenuhi, dan siswa akan lebih terdorong dalam proses
belajarnya, sehingga prestasi belajar siswa akan lebih meningkat.
3. Ruang Kolaborasi
Apa yang Anda pelajari lebih
lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?
Dari ruang kolaborasi, saya
melakukan diskusi kelompok mengenal buku berjudul "belajar berdemokrasi
dari buku mengajar untuk perubahan, rangsang pecandu online game dari buku mengajar
untuk perubahan dan literasi dasar dari buku melawan setan bermata runcing yang
telah saya baca dan analisis membahas hubungannya dengan teori sosiokultural
dalam pendidikan, bagaimana sosial budaya dalam pendidikan dan cara-cara yang
dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Berdasarkan bacaan
tersebut, kita sebagai seorang pendidik terinspirasi akan pentingnya pendidikan
dan sebagai seorang guru untuk menciptakan manusia yang bermanfaat tanpa lupa
menanamkan nilai keberagaman budaya yang menjadi motivasinya untuk menjadi
seorang pendidik yang baik dengan menyediakan pendidikan berkualitas di
Indonesia.
4. Demonstrasi Kontekstual
Apa hal penting yang Anda
pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok
(bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?
Hal yang dipelajari dari proses
demonstrasi kontekstual yang dipelajari bersama kelompok yaitu saya saling
mengevaluasi apa yang dikerjakan. Pada evaluasi ini saling berbagi pendapat
berkomunikasi bersama dan membantu sambungan mendapatkan nilai-nilai penting
dari adanya kolaborasi dan demonstrasi kontekstual.
5. Elaborasi Pemahaman
Sejauh ini, apa yang sudah Anda
pahami tentang topik ini?
Saya menyimpulkan bahwa status
sosial ekonomi (SES) dan faktor CHAT sangat mempengaruhi perkembangan,
pembelajaran, dan hasil prestasi siswa. Peran orang tua, guru, teman dan
masyarakat juga untuk mendukung pengembangan Surak pribadi peserta didik dari
berbagai Sura latar belakang dan menerima bimbingan bagaimana mengambil
langkah-langkah yang tepat sesual dengan kebutuhan perserta didik.
Apa hal baru yang Anda pahami
atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ? Apa
yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?
Hal baru yang saya pelajari
adalah bahwa status sosial ekonomi selalu dikaitkan dengan Interaksi sosial
antara orang dewasa dan anak- anak bahwa sosiokultur merupakan salah satu
faktor dalam perkembangan anak. Orang dewasa dan lingkungan masyarakat
mempunyai tanggung jawab untuk membantu anak berkembang ke arah yang benar.
6. Koneksi Antar Materi
Apa yang Anda pelajari dari
koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata
kuliah lain?
Terdapat keterkaitan dengan mata
kuliah lain. Contohnya pada mata kuliah Pemahaman Peserta Didik dan
Pembelajarannya, dengan guru memahami peserta didiknya, maka guru dapat
menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan karakter, minat dan bakat peserta
didik.
7. Aksi Nyata
Apa manfaat pembelajaran ini
untuk kesiapan Anda sebagai guru?
Manfaat pembelajaran ini adalah
sebagai jembatan pembuka pandangan terkait pengaruh SES dalam dasar-dasar
perspektif sosiokulttural dan penerapannya.
Bagaimana Anda menilai kesiapan
Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?
Kesiapan saya sekarang berada
pada rating 8 karena saya sedikit banyak sudah mehami sosiokultural dalam SES.
Apa yang perlu Anda persiapkan
lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?
Hal yang perlu dipersiapkan
adalah bagaimana menyikapi perbedaan SES dalam proses pembelajaran dan menyusun
strategi belajar yang adil tanpa memandang SES.
Comments
Post a Comment