AKSI NYATA TOPIK 2 PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL DALAM PENDIDIKAN

Nama     : Ade Shalahudin

NPM      : 039223353

1. Mulai Dari Diri

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Sebelum memulai proses pembelajaran topik ini, saya memikirkan pengetahuan makna Status Ekonomi Sosial (SES), hal-hal penting apa yang mempengaruhi SES dalam pendidikan dan teori apa yang melatarbelakangi SES dalam pendidikan.

2. Eksplorasi Konsep

Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?

Stasus sosial ekonomi (SES) adalah cara untuk mengelompokkan individu maupun sebuah keluarga berdasarkan kemampuan ekonomi dan status sosialnya. Hal ini penting dalam pengajaran karena setiap peserta didik memiliki latar belakang ekonomi yang berbeda-beda. Pada dasarnya status sosial ekonomi orang tua merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Status sosial ekonomi tersebut adalah tingkat pekerjaan, tingkat pendidikan dan jumlah pendapatan yang diterima oleh orang tua setiap bulannya, oleh peneliti ketiga aspek tersebut dijadikan sebagai indikator dalam penelitian. Apabila status sosial ekonomi orang tua siswa baik maka kesempatan siswa untuk memperoleh fasilitas belajar di rumah yang lengkap semakin besar. Berbeda dengan status sosial ekonomi orang tua siswa yang kurang baik, kebanyakan siswa yang status sosial ekonomi nya kurang baik fasilitas belajarnya di rumah kurang lengkap. Kesimpulannya adalah bahwa semakin tinggi status sosial ekonomi orang tua maka fasilitas belajar anak di rumah akan semakin terpenuhi, dan siswa akan lebih terdorong dalam proses belajarnya, sehingga prestasi belajar siswa akan lebih meningkat.

3. Ruang Kolaborasi

Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

Dari ruang kolaborasi, saya melakukan diskusi kelompok mengenal buku berjudul "belajar berdemokrasi dari buku mengajar untuk perubahan, rangsang pecandu online game dari buku mengajar untuk perubahan dan literasi dasar dari buku melawan setan bermata runcing yang telah saya baca dan analisis membahas hubungannya dengan teori sosiokultural dalam pendidikan, bagaimana sosial budaya dalam pendidikan dan cara-cara yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Berdasarkan bacaan tersebut, kita sebagai seorang pendidik terinspirasi akan pentingnya pendidikan dan sebagai seorang guru untuk menciptakan manusia yang bermanfaat tanpa lupa menanamkan nilai keberagaman budaya yang menjadi motivasinya untuk menjadi seorang pendidik yang baik dengan menyediakan pendidikan berkualitas di Indonesia.

4. Demonstrasi Kontekstual

Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Hal yang dipelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang dipelajari bersama kelompok yaitu saya saling mengevaluasi apa yang dikerjakan. Pada evaluasi ini saling berbagi pendapat berkomunikasi bersama dan membantu sambungan mendapatkan nilai-nilai penting dari adanya kolaborasi dan demonstrasi kontekstual.

5. Elaborasi Pemahaman

Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?

Saya menyimpulkan bahwa status sosial ekonomi (SES) dan faktor CHAT sangat mempengaruhi perkembangan, pembelajaran, dan hasil prestasi siswa. Peran orang tua, guru, teman dan masyarakat juga untuk mendukung pengembangan Surak pribadi peserta didik dari berbagai Sura latar belakang dan menerima bimbingan bagaimana mengambil langkah-langkah yang tepat sesual dengan kebutuhan perserta didik.

Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ? Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?

Hal baru yang saya pelajari adalah bahwa status sosial ekonomi selalu dikaitkan dengan Interaksi sosial antara orang dewasa dan anak- anak bahwa sosiokultur merupakan salah satu faktor dalam perkembangan anak. Orang dewasa dan lingkungan masyarakat mempunyai tanggung jawab untuk membantu anak berkembang ke arah yang benar.

6. Koneksi Antar Materi

Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?

Terdapat keterkaitan dengan mata kuliah lain. Contohnya pada mata kuliah Pemahaman Peserta Didik dan Pembelajarannya, dengan guru memahami peserta didiknya, maka guru dapat menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan karakter, minat dan bakat peserta didik.

7. Aksi Nyata

Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?

Manfaat pembelajaran ini adalah sebagai jembatan pembuka pandangan terkait pengaruh SES dalam dasar-dasar perspektif sosiokulttural dan penerapannya.

Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?

Kesiapan saya sekarang berada pada rating 8 karena saya sedikit banyak sudah mehami sosiokultural dalam SES.

Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

Hal yang perlu dipersiapkan adalah bagaimana menyikapi perbedaan SES dalam proses pembelajaran dan menyusun strategi belajar yang adil tanpa memandang SES.

Comments

Popular posts from this blog

TOPIK 6 AKSI NYATA PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL DALAM PENDIDIKAN

MENULIS SUSAH SUSAH GAMPANG