TOPIK 6 AKSI NYATA PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL DALAM PENDIDIKAN

TOPIK 6 AKSI NYATA PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL DALAM PENDIDIKAN
ISU-ISU PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DALAM PERSPEKTIF SOSIAL, BUDAYA, EKONOMI DAN POLITIK YANG MEMPENGARUHI PROSES PENDIDIKAN SERTA PEMBELAJARAN 

Nama  : Ade Shalahudin

NPM    : 039223353

 

Mulai Dari Diri

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Sebelum mempelajari tentang isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran penerapan di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik saya belum menyadari bahwa isu-isu tersebut juga memberikan pengaruh pada peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini berkaitan dengan karena isu-isu tersebut berkaiatan dengan lingkungan belajara peserta didik. Oleh karena itu sebagai guru harus bijak dalam memilah isu-isu perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam kegiatan kegiatan pembelajaran di sekolah.

Eksplorasi Konsep

Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?

Pada topik ini saya mempelajari mengenai isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya ekonomi dan politik. Perspektif setiap orang berbeda-beda dipengaruhi oleh latar belakang setiap peserta didik. Serta mengaitkan dan menyimpulkan isu-isu terkait pendekatan, strategi, metode, dan teknik dengan materi pembelajaran yang diterapkan sebagai scaffolding pada ZPD untuk mewujudkan pendidikan yang berorientasi pada peserta didik.

Ruang Kolaborasi

Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

Dalam ruang kolaborasi yang telah saya pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan yaitu mengenai pandangan masing-masing mengenai penerapan isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran penerapan di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik. Kami juga berpendapat bahwa pendidikan di Indonesia yang belum merata terutama daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, Tertinggal). Mengakibatkan banyak anak yang tidak mendapatkan pembelajaran yang layak serta kurangnya biaya hidup mereka dan mengharuskan anak untuk ikut bekerja. Selain itu sebagai guru dituntut untuk siap menghadapi perbedaan yang terjadi dalam pembelajaran dan memberikan pembelajaran yang berpihak kepada peserta didik.

Demonstrasi Kontekstual

Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Hal penting yang dipelajari dari proses demonstrasi kontekstual yaitu melakukan kegiatan berdiskusi mengenai kesiapan peserta didik dalam menghadapi isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Menyampaikan pandangan mengenai persamaan dan perbedaan terhadap isu-isu yang sering ditemukan dalam pendidikan dan pembelajaran.

Elaborasi Pemahaman

Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?

Sejauh ini pemahaman saya tentang topik ini bahwa hubungan antara sosial, budaya, ekonomi dan politik sangatlah berpengaruh dalam keberlangsungan pendidikan di Indonesia. Isu pendidikan dan pembelajaran dalam berbagai perspektif, menghasilkan keberagaman karakteristik yang dimiliki oleh peserta didik sehingga mempengaruhi metode yang digunakan oleh guru. Oleh karena itu, muncul banyak strategi, model, dan metode pembelajaran yang beragam. Terdapat tantangan dan hambatan guru adalah menentukan strategi yang tepat sesuai karakteristik dan kebutuhan peserta didik.

Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?

Hal baru yang saya pelajari setelah mengikuti mata kuliah ini membuat saya lebih mengerti tentang pentingnya memperhatikan isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran penerapan di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam pembelajaran.

Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?

Hal yang saya pelajari lebih lanjut mengenai topik ini yaitu bagaimana cara merancang pembelajaran yang menyesuai dengan kebutuhan dan perkembangan peserta didik dengan memperhatikan perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik.

Koneksi Antar Materi

Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?

Pada topik ini terdapat keterkaitan dengan mata kuliah lain. Seperti pemahaman peserta didik, prinsip pengajaran dan asesmen dan pemahaman sosiokultural, yang intinya merujuk pada pembelajaran berdifferensiasi dan memihak kepada peserta didik. Setelah memahami topik ini dan keterkaitan dengan matakuliah lain, hal yang selanjutnya saya lakukan adalah menerapkannya pada mata kuliah PPL juga nanti ditempat saya mengajar. Pembelajaran yang memperhatikan aspek-aspek dengan sosial, ekonomi, budaya dan politik untuk menciptakan pembelajaran yang berpihak pada peserta didik.

Aksi Nyata

Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?

Manfaat mempelajari perspektif sosiokultural membantu saya memahami pentingnya memperhatikan isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran penerapan di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik sesuai dengan latar belakang peserta didik. Serta mengaitkan dan menyimpulkan isu-isu terkait pendekatan, strategi, metode, dan teknik dengan materi pembelajaran yang diterapkan sebagai scaffolding pada ZPD.

Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?

Kesiapan saya saat ini berada pada skala 8, alasannya karena saya menyadari bahwa saya belum memahamai dengan optimal cara menerapkan isu-isu dalam persepktif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dapat membantu guru dalam menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi peserta didik. Sehingga terciptanya lingkungan belajar yang berpihak peserta didik.

Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

Hal yang perlu saya persiapkan lebih lanjut untuk menerapkannya dengan optimal yaitu mempelajari lebih lanjut mengenai penerapan isu-isu perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik dengan menambah literasi dan bertanya dengan rekan sejawat.

Comments

Popular posts from this blog

TOPIK 5 AKSI NYATA PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL DALAM PENDIDIKAN

TOPIK 3 AKSI NYATA PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL DALAM PENDIDIKAN