TOPIK 5 AKSI NYATA PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL DALAM PENDIDIKAN

TOPIK 5
AKSI NYATA
PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL DALAM PENDIDIKAN
PENDEKATAN, STRATEGI, METODE, DAN TEKNIK PEMBELAJARAN SEBAGAI SCAFFOLDING PADA ZPD (ZONE OF PROXIMAL DEVELOPMENT)


Nama    : Ade Shalahudin
NPM     : 039223353


Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?
Sebelum mempelajari topik ini, saya memikirkan bahwa topik ini akan membahas mengenai teori selanjutnya Vygotsky dalam hal metode selain scaffolding pada Zone of Proximal Development (ZPD) yang dikemukakannya. Pembelajaran dari topik ini bisa saya terapkan dalam menjalani profesi saya sebagai seorang guru dalam melaksanakan penerapan proses pembelajaran di sekolah.

Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?
hal yang saya pelajari yaitu dalam proses pembelajaran perlu memperhatikan dan mempertimbangkan pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik dari peserta didik dalam lingkungan tersebut. Dalam proses pembelajaran, peserta didik bukan hanya sebagai pelaksana yang dijadikan objek semata namun harus terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran, sehingga secara aktif peserta didik membangun pengetahuan yang dimilikinya dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakteristik peserta didik. Dengan demikian guru harus siap jika ditugaskan mengajar dengan memahami pendekatan, srategi, metode dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai scaffolding pada ZPD.

Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?
mengenai pentingnya pembelajaran yang memperhatikan pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran sebagai scaffolding pada ZPD karena dapat mempengaruhi proses pendidikan dan pengajaran. Selain itu, berdiskusi mengenai kesiapan mengajar dengan memperhatikan pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai scaffolding pada ZPD pada peserta didik. Berdasarkan hasil diskusi, saya semakin memahami bahwa hal yang perlu dipersiapkan dalam menerapkan pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran sebagai scaffolding pada ZPD yaitu dengan memperhatikan karakteristik, kebutuhan dan kemampuan dari peserta didik. Hal ini dilakukan agar pemberian sebagai scaffolding pada ZPD sesuai dan tepat dengan kebutuhan peserta didik.

Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?
Hal penting yang saya pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang saya jalani bersama kelompok adalah mengenai pendapat masing-masing mengenai scaffolding pada ZPD yang mempengaruhi proses pendidikan yang dimiliki bertujuan untuk kemandirian peserta didik dalam pembelajaran. Scaffolding juga menunjang peningkatan kompetensi peserta didik. Sehingga, scaffolding dapat digunakan oleh seorang guru dalam proses pembelajaran.

Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?

Saya memahami pada topik ini membahas mengenai scaffolding pada ZPD yang membantu seorang guru dalam memberikan bantuan yang tepat pada tahap awal yang kemudian peserta didik diberi kesempatan untuk mengerjakan secara mandiri.

Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?
Hal yang pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai adalah mengenai bantuan yang saya berikan kepada peserta didik itu merupakan metode scaffolding ZPD.

Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut? 
Hal yang ingin saya pelajari selanjutnya adalah mengenai langkah-langkah penerapan scaffolding pada ZPD yang akan saya terapkan dalam pembelajaran di kelas agar proses pembelajaran menjadi lebih baik dan efektif.

Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?
Saya mempelajari bahwa koneksi antar materi pada topik ini dengan topik lainnya saling memiliki keterkaitan dalam memahami peserta didik memerlukan bantuan dalam pengerjaan tugas atau yang disebut scaffolding pada ZPD. Pembuatan asesmen memerlukan ZPD yang dapat diketahui dari asesmen awal atau diagnostik dan observasi latar belakang peserta didik. Dengan mengetahui asesmen awal dan ZPD maka, seorang guru dapat menentuan bantuan yang tepat pada asesmen formatif kelompok.
Berikut file koneksi antar materi :


Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?
Manfaat mempelajaran pada topik ini dalam membantu kesiapan belajar peserta didik adalah membantu penerapan seorang guru dalam memberikan bantuan yang tepat pada peserta didik.

Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?
Saya menilai kesiapan saya saat ini dalam skala 8. Karena saya belum maksimal menerapkan bantuan kepada peserta didik dengan tepat sesuai dengan scaffolding pada ZPD. Dalam penerapan bantuan yang saya lakukan saya memberikan bantuan ditahap awal dalam pengerjaan tugas, namun belum secara maksimal memberikan kemandirian pada seluruh peserta didik.

Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?
Persiapkan lebih lanjut untuk menerapkan scaffolding pada ZPD secara optimal adalah dengan melakukan observasi secara maksimal lalu melakukan asesmen awal untuk mengetahui kemampuan peserta didik, lalu menentukan kelompok diskusi berdasarkan asesmen dan memberikan bantuan berdasarkan kemampuan yang ada pada kelompok tersebut.

Comments

Popular posts from this blog

TOPIK 3 AKSI NYATA PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL DALAM PENDIDIKAN