REVIEW FUNGSI Ms ACCESS
Microsoft Access adalah program aplikasi yang berbasis data komputer relasional yang diperuntukan bagi kalangan rumah dan perusahaan yang masih terbilang kecil sampai perusahaan menengah. Microsoft Access sendiri memiliki tugas untuk mengelola basis data atau data base. Data base atau basis data adalah sebuah kumpulan data yang teratur dan terstruktur. Data base ini nanti akan diolah secara khusus untuk menjadi sebuah informasi yang menarik. Oleh karena itu, data base memerlukan data yang dimasukkan agar bisa mengolah.
Fungsi Microsoft Access
1. Dalam bidang bisnis
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Microsoft Access memang diperuntukkan bagi pengguna untuk keperluan bisnis. Baik dari bisnis kecil, menengah, hingga ke atas. Dalam usaha mengembangkan bisnis tentu saja tidak akan lepas dari kata data base. Program aplikasi ini sangat memudahkan pekerjaan-pekerjaan dalam bidang bisnis seperti pembuatan laporan keuangan, keuntungan, gaji untuk karyawan, dan seterusnya. Penggunaan Microsoft Access akan sangat membantu dan mempercepat urusan dalam bisnis dan pengembangan bisnis.
2. Dalam bidang pendidikan
Tidak seperti bidang bisnis, fungsi Microsoft Access dalam bidang pendidikan dapat dilihat dari pengoperasiaannya untuk berbagai keperluan di tingkat sekolah. Seseorang yang biasanya bertugas untuk mengelola data base dari sekolah adalah admin sekolah. Admin sekolah sangat bertanggung jawab terkait segala hal mengenai data sekolah, dari jadwal dari siswa dan guru, keperluan karyawan tata usaha dan perpustakaan, hingga urusan-urusan lainnya. Pengelolaan data yang baik akan sangat memudahkan admin sekolah untuk membuat, mengatur, mengedit, hingga menghapus data.
3. Dalam bidang perkantoran
Fungsi Microsoft Access dalam bidang perkantoran sekilas terlihat hampir mirip dengan fungsinya di dalam bidang bisnis. Fungsi program aplikasi ini dalam bidang perkantoran biasanya digunakan oleh seseorang dari kantor yang bertanggung jawab untuk mengelola data base. Orang-orang yang memiliki tanggung jawab tersebut adalah sekretaris, administrasi keuangan, dan lain sebagainya. Walaupun dalam sebuah kantor tidak semuanya bisa mengoperasikan dan memahami fungsi kerja Microsoft Access. Namun, keahlian akan sangat dibutuhkan dalam urusan-urusan perkantoran, dikarenakan kebutuhan kantor dalam mengelola data base secara mudah dan cepat.
Kesimpulan
Microsoft Access adalah program aplikasi pengelola database yang bisa digunakan untuk merancang, membuat, dan mengolah berbagai jenis data. Sebagai aplikasi pengolah data terpopuler saat ini, program aplikasi ini biasa digunakan pada perusahaan bisnis, pendidikan, kantor, bahkan programer. Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari aplikasi ini, yaitu memberikan efektivitas kerja dan efisiensi waktu dalam menganalisa data untuk pembuatan data laporan. Hal itu biasa dilakukan pada urusan menghitung jadwal karyawan, data keuangan perusahaan, data pelanggan, dan masih banyak lagi.
Comments
Post a Comment