TOPIK 4 AKSI NYATA PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL DALAM PENDIDIKAN
MULAI DARI DIRI
Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?
Materi saat ini adalah Pembelajaran Pada Zone Of Proximal Development (ZPD). Sebelum memulai pembelajaran pada topik ini, saya memikirkan materinya berisi mengenai pengertian ZPD, metode yang digunakan untuk melakukan pembelajaran pada ZPD
EKSPLORASI KONSEP
Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?
Dalam topik ini saya mempelajari tentang tingkat pekembangan anak ada 2, yaitu tingkat perkembangan aktual dan potensial. ZPD merupakan jarak antara kemampuan siswa untuk melakukan tugas di bawah bimbingan orang dewasa dan atau dengan kolaborasi teman sebaya dan pemecahan masalah secara mandiri sesuai kemampuan siswa. ZPD setiap peserta didik berbeda-beda, sesuai dengan interaksi sosial yang dialami peserta didik. Disekolah interkasi guru dan peserta didik sangat penting, Guru memberikan bimbingan kepada peserta didik dalam memecahkan masalah
RUANG KOLABORASI
Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?
Mempelajari mengenai bagaimana pengaruh ZPD dalam dunia pendidikan, persiapan-periapan yang perlu dilakukan sebelum menerapkan pembelajaran ZPD, dan cara mengajar menggunakan ZPD
DEMONSTRASI KONTEKSTUAL
Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?
Seorang guru menerapkan sikap menuntun, yaitu memberikan bimbingan kepada peserta didik. Dikarenakan tingkat ZPD setiap siswa berbeda maka guru menyesuaikan pembelajaran dengan keadaan peserta didik. Guru memberi bimbingan yang berbeda untuk setiap kelompok ZPD. Maka dari itu ZPD memiliki pengaruh dalam dunia pendidikan.
ELABORASI PEMAHAMAN
Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?
Saya menjadi paham terkait hubungan antara cara pandang sosial, budaya, ekonomi, dan politik berhubungan dengan proses pembelajaran. Tidak hanya berpengaruh kepada peserta didik saja, tetapi guru juga memiliki solusi yang berbeda untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.
Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?
Sebelum pembelajaran saya tidak tahu mengenai teori vygotsky, teori vygotsky yaitu proses perkembangan berfikir kognitif seseorang dipengaruhi oleh lingkungan sosial budayanya.
Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?
Saya ingin mempelajari lebih lanjut mengenai pemilihan metode yang tepat dalam pembelajaran yang dipengaruhi oleh faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik.
KONEKSI ANTAR MATERI
Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?
Perbedaan latar belakang peserta didik sangat berpengarung dengan perkembangan kognitif peserta didik. Menurut Ki Hajar Dewantara guru perlu menerapkan pendidikan yang menuntun yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak. Guru perlu menerapkan strategi khusus yang sesuai dengan perkembangan peserta didik. Sebagai contoh adalah penerapan Scaffolding pada ZPD. Pendidik membantu/memandu peserta didik yang memiliki tingkat pemahaman (ZPD) yang berbeda untuk menyelesaikan masalah. Peserta didik dengan ZPD rendah akan mendapat bantuan dari rekan ZPD tinggi atau orang dewasa berpengalaman. Sehingga peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran yang di targetkan.
AKSI NYATA
Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?
Dengan mempelajari materi ini saya menjadi lebih paham mengenai strategi dalam memberikan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, karena peserta didik memiliki tingkat perkembangan yang berbeda-beda. Salah satunya adalah menerapkan Scaffolding pada ZPD.
Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?
Kesiapan saya menjadi guru adalah 9 dari 10, karena saya masih mencoba mempelajari mengenai asesmen yang tepat untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik yang efektif.
Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?
Hal yang perlu saya siapkan adalah menambah bacaan mengenai strategi yang tepat untuk diterapkan dalam kelas yang memiliki banyak karakteristik.
Comments
Post a Comment